Sekarang ini, diperkirakan bahwa pelanggan akan mengharapkan lebih banyak personalisasi dalam cara brand berkomunikasi dengan mereka. Masa depan dari email marketing dan customer experience akan berkembang menjadi sangat personal. AI mempercepat metode baru bagi marketers untuk terhubung dengan pelanggan mereka, dan akan membantu mereka menyesuaikan komunikasi untuk engagement dan impact yang lebih baik. Hal ini memungkinkan team untuk memfokuskan kreativitas manusia pada ‘mengapa’ dan ‘apa’ yang dikomunikasikan, sementara AI menangani ‘bagaimana’ cara berkomunikasi itu sendiri.
360° Data Pelanggan
Dengan menggunakan 360 derajat data pelanggan yang mencakup data sales, marketing dan service functions akan menciptakan personalized experiences dan menentukan “next best action” yang akan membantu perusahaan untuk engage dengan pelanggan tertentu.
Analisa Data
Misalnya, perusahaan jasa keuangan dapat menggunakan Gen AI untuk menganalisis data pelanggan mereka sendiri dengan cepat.
Segmentasi Customer
Serta data dari social sources dan organisasi mitra untuk menentukan pelanggan mana yang paling memungkinkan untuk melakukan beragam actions, mulai dari membuka rekening giro, hingga menginvestasikan aset dan mengajukan pinjaman.
Personalisasi Marketing
Gen AI kemudian dapat membantu para bankir untuk mencapai one-to-one marketing yang sesungguhnya dengan strategi yang dipersonalisasi dan penawaran yang disesuaikan secara otomatis dan tepat waktu, yang diterjemahkan ke dalam bahasa pilihan pelanggan.
Penelitian menunjukkan bahwa 73% pelanggan di seluruh dunia mengharapkan brand untuk memahami kebutuhan dan harapan unik mereka.
Pendekatan berbasis data terhadap manajemen ritel membantu merek lebih memahami trend forecast dan custom journey, memastikan bahwa pengalaman berbelanja disesuaikan dengan profil setiap pelanggan dan kebutuhan unik masing-masing.
Gen AI adalah teknologi pertama yang benar-benar mengintegrasikan layanan front line service dengan internal data processing, yang menghasilkan sistem ritel yang dirancang untuk sebuah customer engagement yang berkesan.
Bisnis ritel yang didukung oleh AI akan menjadi standar industri, artinya bisnis yang masih mengandalkan model layanan pelanggan yang konvensional sangat berisiko tertinggal.
Dengan memenuhi ekspektasi pelanggan menggunakan solusi ritel yang inovatif, Gen AI telah menciptakan dimensi baru pada hubungan pelanggan-brand.