Di era teknologi yang semakin canggih, artificial intelligence (AI) telah menjadi bagian penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia kerja. Penggunaan tools AI dan fungsinya yang beragam kini semakin luas, bahkan membantu profesional dalam menyelesaikan tugas dengan lebih efisien dan efektif.
Mengenal AI
Sumber gambar: Unsplash
Sebelumnya mari kita mulai dengan definisi AI. Secara singkat AI merupakan kecerdasan buatan yang berasal dari kombinasi ilmu komputer dan kumpulan data. Dengan begitu, AI mampu menawarkan berbagai kemungkinan penyelesaian masalah.
Sementara tools AI adalah perangkat atau aplikasi berteknologi AI untuk menjalankan tugas tertentu. Perangkat ini didesain untuk mengimitasi kemampuan manusia dalam berpikir, belajar, dan membuat keputusan, sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan.
Sadar atau tidak, sudah ada banyak tools AI yang kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti GPS, m-banking, aplikasi transportasi online, virtual assistant, dan sebagainya.
Bagaimana dengan tools AI yang bisa menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja? Ada kok. Ini daftarnya!
Ragam Tools AI dan Fungsinya
Jadi apa saja tools yang mungkin bermanfaat dalam aktivitas kerja Anda? Mari kita eksplorasi bersama ragam tools AI yang dapat menunjang berbagai bidang pekerjaan.
1. Chat GPT
Sumber gambar: Pexels
Chat GPT adalah tools AI berupa chatbot yang menghasilkan dialog. Tools ini menggunakan algoritma mesin pembelajaran untuk memproses dan menganalisis sejumlah besar data agar dapat memberikan jawaban yang benar terhadap pertanyaan pengguna.
Program pemrosesan bahasa ini mampu memahami bahasa manusia saat diucapkan atau ditulis, sehingga dapat memahami informasi yang diminta pengguna, dan bagaimana meresponnya dengan tepat.
Misalnya, jika berkaitan dengan pekerjaan di kantor, Anda bisa meminta Chat GPT untuk membuat draft email yang profesional, memberi ide kampanye produk baru di media sosial, membuat agenda rapat secara detail, dan banyak lagi.
2. Google Assistant
Sumber gambar: Google
Google Assistant adalah asisten virtual berbasis AI yang sudah dirilis oleh Google sejak 2016. Perangkat ini mampu melakukan berbagai tugas, seperti menjawab pertanyaan, mengirim pesan, mengatur pengingat, hingga mengontrol perangkat pintar lainnya melalui perintah suara.
Anda juga dapat menggunakan perintah suara untuk berbagai vendor yang sudah menjalin kemitraan dengan Google seperti headphone, mobil pintar, kulkas, speaker dan lain-lain.
Tujuan Google Assistant adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan mengelola aktivitas sehari-hari termasuk yang berkaitan dengan pekerjaan.
3. Trello
Sumber gambar: Unsplash
Trello merupakan perangkat manajemen proyek yang terbilang simple dan user friendly. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terkait proyek bersama dengan mencermati papan Trello.
Ini misalnya untuk mengetahui tahapan yang tengah dikerjakan, kolega A mengerjakan divisi XYZ dan kolega B menggarap EFG, hingga progress pekerjaan pada tiap-tiap divisi.
Pendeknya, bersama Trello Anda akan lebih mudah melakukan kolaborasi pada proyek-proyek penting bersama kolega Trello juga dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat terkait proyek Anda, misalnya Google Drive, Telegram, Whatsapp, serta media sosial lainnya.
4. Otter.ai
Sumber gambar: otter.ai
Sering kebingungan menangkap poin suatu meeting atau percakapan yang penting bersama kolega? Jika begitu Anda memerlukan Otter.ai, yaitu software yang dapat membuat transkripsi suara menjadi teks menggunakan kecerdasan buatan.
Tools ini mampu merekam suara/audio, kemudian memprosesnya dengan algoritma AI, dan menuliskannya dalam bentuk teks yang dapat dengan mudah Anda baca dan pelajari.
Kemampuan utama tools ini memang transkripsi otomatis, tapi tersedia juga beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk:
- Merekam ide kreatif Anda kapan dan dimana saja
- Mewawancarai narasumber penting
- Mengatur perangkat untuk aktif setiap kali Anda join meeting online dan melakukan transkripsi otomatis
5. Copy.ai
Sumber gambar: Unsplash
Copy.ai adalah perangkat berbasis kecerdasan buatan yang membantu membuat konten tulisan secara otomatis, seperti iklan, posting media sosial, deskripsi produk, juga artikel.
Tool ini akan sangat membantu penulis, pemasar, serta bisnis dalam menciptakan konten berkualitas yang mengandung teks-teks copywriting yang relevan.
Copy.ai juga tersedia dalam lebih dari 25 bahasa serta berbagai kerangka penulisan yang dapat menunjang pekerjaan Anda.
Itu dia 5 kumpulan AI dan fungsinya yang dapat membantu Anda lebih produktif dalam bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas harian dengan lebih cepat dan akurat.
Bagaimana dengan bisnis atau pekerjaan Anda? Tools AI dan fungsinya di atas tentunya dapat menunjang aktivitas kerja secara optimal asalkan dimanfaatkan dengan tepat. Untuk itu Anda perlu mitra tepercaya yang dapat mendampingi Anda dalam mengadopsi teknologi canggih bagi organisasi, bisnis, maupun enterprises. Jadi jangan ragu menghubungi kami, Benaya untuk berkonsultasi gratis dan lihat bagaimana bisnis Anda melejit dalam waktu singkat dengan transformasi digital.